Bijaksana dan berhati-hati dalam bertutur kata

Jika hari ini suasana hati anda terasa galau dan murung, bisa jadi kata-kata yang anda gunakan dalam berkomunikasi bernada negatif. Langkah pertama yang perlu anda lakukan untuk merubah suasana agar menjadi lebih membahagiakan dimulai dengan merubah kata yang terucap agar menjadi lebih bernuansa positif, memberdayakan dan opmitis.

Hal ini memang nampak remeh namun demikian kata-kata yang kita ucapkan setiap hari meskipun terasa ringan dan sepele akan tetapi memiliki daya pengaruh yang besar bagi perspektif (sudut pandang) kita dalam melihat kehidupan. Kata dan kalimat bisa menjadi suatu sarana sugesti diri. Sugesti diri positif berasal dari kata positif dan begitu pula sebaliknya. Kata dalam hal ini tidak saja yang diucapkan secara verbal namun juga kata yang kita ucapkan dalam hati.

Kata-kata mempengaruhi suasana hati dan suasana hati akan mempengaruhi siklus kehidupan yang kita jalani.

Kata yang kita ucapkan pun tidak hanya mempengaruhi diri kita sendiri namun juga orang-orang yang berada di seputar kehidupan kita. Jika kata yang kita lontarkan senantiasa mengandung muatan negatif, mengeluh, mengkritik dan mencaci maki maka suasana hati serta sudut pandang orang yang berinteraksi dengan diri kita pun akan merasa terganggu. Alhasil situasi dan kondisi secara menyeluruh dimana kita berada menjadi negatif juga.

Ada kata bijak tambahan dari Robin Sharma yang artinya sangat mendalam apabila kita mau merenungkan lebih jauh yakni : " Kata-kata yang Anda gunakan menunjukan isi perasaan Anda. Bahasa yang Anda pilih membentuk cara pandang Anda dalam menerima kenyataan (realitas). Sedangkan perbendaharaan/kosa kata Anda mengarahkan arti hidup Anda. "

" Kata-kata yang Anda gunakan mempengaruhi kehidupan yang Anda jalani. Maka dari itu, pilihlah kata-kata yang hendak digunakan dengan bijaksana."
- Kata Bijak Motivasi Robin Sharma -


sumber
 

Ditulis Oleh : Goresan Hati Hari: 13.13 Kategori:

0 komentar: