Jurus Jitu Basmi Grogi

  • Foto: Getty Images/ David McNew
    Gara-gara grogi kesempatan emas bisa pada melayang!
    Basically cuma ada dua penyebab kita suka grogi: gara-gara nggak pede atau gara-gara panik nggak juntrung!
    Nggak percaya?

    Contoh gampang aja deh, grogi di depan cewek. Nggak usah muna lah, biar katanya cowok tuh nggak seribet cewek merhatiin penampilan, tapi begitu kita berhadapan dengan "mahluk manis", pasti jadi lain ceritanya. Dari ujung rambut sampe ujung kaki, dari omongan sampe kelakuan, diperhatiin abis-abisan! Maklum, bawaan hasrat pengen tebar pesona. Hehehe....
    Cuma, lantaran biasanya nggak gitu-gitu amat, eh, kok jadi kerasa ya banyak yang kurang? Buntutnya pede pun melorot ke jempol kaki dan grogi abis di depan dia!
    Contoh lain yang gampang juga, kalo disuruh maju ngerjain soal di papan tulis sama guru killer! Panik kan? Mungkin bukan lantaran soalnya susah, tapi jiper aja liat tongkrongan tuh guru (apalagi kalo dia terus-terusan menatap kita saat kita lagi ngerjain itu soal!). Makanya begitu ditanya-tanyain, wuah... ngomongnya jadi a-a, u-u.
    Tapi... ah, sudah lah. Ngapain ngomongin panjang lebar soal sebab musabab si grogi muncul. Mending kita siasati aja biar sifat grogian itu hilang, atau minimal bisa ditutupi kali yee....
    Tips Ngilangin Grogi
    •   Enjoy aja...
    Wah, gimana sih? Orang grogi tuh karena nggak enjoy!
    Lha, emang! Siapa bilang bukan? Hehehe....
    Makanya supaya nggak grogi, biar kata hati kebat-kebit lantaran nggak pede atawa panik, nikmati aja tuh rasa nggak pede dan panik. Kalo dinikmati pasti kita akhirnya jadi ngetawain diri sendiri deh. "Eh, ngapain ya gue kok kemelintingan kayak cacing kepanasan cuma gara-gara tuh cewek merhatiin jerawat di muka gue?"

    Man, percaya deh, setelah berhasil ngetawain "ketololan" diri sendiri, selanjutnya dijamin kita bakal bisa bersikap biasa lagi. Soalnya begitu berhasil ngetawain diri sendiri, berarti kita mulai sadar buat keluar dari ketololan itu!
    •   Self talk
    Yang ini khusus buat ngilangin grogi yang disebabkan rasa nggak pede. Pasti sering denger kalo orang yang nggak pedean tuh lantaran terlalu underestimate alias menganggap remeh sama diri sendiri? Nah, underestimate itu kan muncul karena porsi kita ngeliat kekurangan diri nggak balance sama porsi ngeliat kelebihan diri.
    Biar bisa balance dalam waktu singkat cuma ada satu caranya, puji diri sendiri abis-abisan. Misalnya, "Gue cakep... gue keren... dst." Tapi dalam hati aja ya mujinya, ntar dikatain narsis lagi, sama orang-orang. Hehehe....

    •   Relaksasi
    Kalo yang ini baru buat ngilangin grogi karena panikan! Panikan nggak bakal terjadi kalo kita tenang, dan tenang cuma bisa terjadi kalo kita bisa rileks. Ribet ya? Tapi beneran lho. Cuma sayangnya rileks itu nggak bisa cepet terjadi kalo kita nggak ngebiasain melatih diri buat rileks. Makanya mulai sekarang rajin-rajin deh latihan relaksasi otot dan pernafasan. Biar begitu suatu saat rasa panik menyerang, badan dan pikiran udah otomatis rileks. Kan jadi nggak berlanjut ke grogi tuh?

    Tips Nutupin Grogi
    •   Kurangin ngomong, banyakin senyum
    Suara tuh indikator grogi yang paling menonjol selain warna muka yang berubah pucat atau merah, dan badan yang gemetaran. Berhubung pucat atau merahnya muka udah nggak mungkin ditutupin lagi (kalo urusan nutupin gemetaran, coba baca poin berikutnya), ya suara ini deh yang diakal-akalin ditutupin. Caranya apalagi kalo bukan mengirit kata-kata! Supaya makin sempurna, biar kedut-kedutannya bibir nggak keliatan, tebar senyum aja. Okeh?

    •   Pegang sesuatu
    Upss, maksudnya bukan megang badan orang yang ada di depan kita lho. Hehehe.... Tapi, pegang sebuah barang! Yang kecil-kecil aja, kayak pulpen atau pemantik api gitu. Maksudnya biar energi berlebih yang timbul akibat grogi itu ada tempat pelampiasannya. Kalo nggak ada tempat pelampiasannya kan gemetarannya badan keliatan banget! Daripada badan gemetaran mendingan pulpen yang "gemetaran" bukan?

    •   Mending duduk daripada berdiri
    Ini juga cara nutupin gemetaran badan. Coba deh perhatiin orang yang lagi grogi dalam posisi berdiri dan orang yang lagi grogi dalam posisi duduk, pasti lebih keliatan jelas groginya orang yang dalam posisi berdiri. Makanya, begitu mulain ada rasa-rasa grogi, langsung cari tempat duduk deh.

    •   Cari pemandangan indah
    Bisa orang, bisa benda, bisa apa aja deh. Pokoknya pemandangan yang bisa ngasih efek ngademin hati atau menyedot perhatian. Kalo hati adem, pikiran kan jadi tenang. Kalo kita sibuk merhatiin sesuatu dan lupa sama apa yang tadinya bikin grogi, perasaan juga lebih tenang!


sumber

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 10:20 PM Kategori:

0 comments: