4 Kebiasaan Mudah Untuk Mempercantik Kulit Anda

Face of a sexy beautiful young woman Kulit yang putih, indah, kencang, dan halus adalah idaman bagi semua wanita di dunia. Dengan kulit yang terlihat cantik, selain kita menjadi pusat perhatian, kita juga bisa jadi lebih percaya diri dalam bergaul dan bersosialisasi. Namun banyak yang mengira bahwa untuk mendapatkan kulit yang indah dibutuhkan biaya mahal dan perjuangan yang berat, padahal tidak. Dengan beberapa kegiatan perawatan mudah, asal dilakukan secara rutin, kulit cantik pun bukan lagi sekedar mimpi. Apa sajakah itu?
Berikut ini empat ritual mudah dan sederhana untuk kulit yang bisa memberikan pengaruh besar pada kecantikan kulit Anda.
1. Membersihkan Kulit
Membersihkan kulit adalah langkah paling dasar dalam perawatan kulit wajah. Ketika menginjak usia dewasa, sabun mandi bukan lagi sarana yang tepat untuk membersihkan wajah. Anda perlu pembersih wajah yang cocok dengan jenis kulit. Tapi sebelumnya, Anda perlu tahu apakah kulit Anda termasuk berminyak, kering, atau kombinasi.
Pembersih kulit bisa diperoleh di toko swalayan atau di apotek. Pilihannya beragam. Ada yang murah meriah. Ada pula yang pembersih import, yang harganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah.
Membersihkan wajah sebaiknya tidak terlalu sering, tetapi wajib dilakukan di pagi, pulang kantor, dan malam hari sebelum tidur. Dianjurkan untuk membersihkan wajah mengenakan susu pembersih yang sesuai jenis kulit.
Susu pembersih dioleskan merata di wajah lalu diseka memakai washlap. Ketika mandi, wajah dicuci kembali dengan sabun khusus untuk membersihkan wajah.
Pagi hari, tak ada salahnya mencuci wajah dengan air hangat suam-suam kuku. Air hangat itu berguna untuk menghilangkan kelebihan minyak yang didapat dari krim malam. Tidak disarankan membersihkan wajah dengan air yang terlalu panas karena bakal membuat kulit kering.
2. Mengikis Kulit

Langkah kedua adalah melakukan pengikisan kulit setiap minggu untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Bila ini rutin dilakukan, bakal terlihat perubahan yang nyata di wajah. Pengikisan mingguan ini bisa dilakukan memakai scrub cream. Beberapa merek kosmetik mempunyai produk scrub yang bisa dipakai setiap minggu.
Bagaimana caranya? Tim dokter dari Ristra menyarankan pemakaian scrub dioleskan merata di wajah, lalu digosok dengan gerakan memutar. Setelah itu, wajah dibilas dengan air.
Pengikisan juga bisa dilakukan saat perawatan wajah facial di klinik kecantikan kulit. Namun, pengikisan yang lebih serius dan menghasilkan wajah bening bisa dilakukan dengan bantuan dokter lewat perawatan microdermabrasion. Teknologi ini mengikis lembut kulit dengan butiran-butiran halus.
3. Melembabkan Kulit
Seringkali kita berpikir tak butuh pelembab karena kulit sudah berminyak. Ternyata tidak demikian. Tanpa memandang jenis kulit, kita semua butuh pelembab. Mengapa demikian? Karena pelembab mengunci air yang ada di kulit sehingga kulit terlihat tetap lembab. Tanpa pelembab, air jadi mudah hilang dan kulit pun kering.
Namun hati-hati agar jangan terlau banyak memberi pelembab karena bisa menyebabkan pori-pori tersumbat dan timbul jerawat. Itu sebabnya mereka yang sedang berjerawat parah juga tidak disarankan untuk menggunakan pelembab terlebih dahulu.
Jangan lupa pula untuk memberi pelembab khusus untuk daerah sekitar mata. Daerah kulit seputar mata lebih tipis dari bagian kulit lainnya sehingga mudah berkeriput. Krim khusus untuk mata diformulasikan khusus untuk melembabkan daerah tersebut.
4. Memakai Tabir Surya
Banyak pakar kecantikan kulit mengatakan bahwa tabir surya adalah bagian penting dalam perawatan kulit. Pasalnya, penyebab kerut nomor satu adalah sinar matahari, sehingga penting untuk melindungi kulit meskipun sedang mendung atau turun hujan sekalipun. Bahkan, lampu di kantor dan lampu saat clubbing juga mengandung sinar ultra-violet yang berbahaya untuk kulit. Jadi intinya, kapanpun dan dimanapun, tabir surya adalah wajib hukumnya untuk dipakai.
Beberapa merek kosmetik Indonesia memiliki produk tabir surya yang sesuai dengan iklim tropis di Indonesia. Oleskan merata di seluruh wajah, tunggu sekitar 15 menit sampai produk meresap ke dalam kulit. Setelah itu, gunakan bedak seperti biasa.
Selamat mencoba!

 Bahan - Bahan Alami untuk kita
Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami berikut untuk membuat diri Anda bertambah cantik secara alami dan tentunya awet muda dengan cara yang mudah dan alami:

  • Madu

    Khasiat madu untuk kecantikan sudah dikenal sejak lama. Madu bermanfaat untuk melembabkan kulit dan mengurangi kulit yang terkena iritasi. Mengoleskan madu pada bibir juga akan melembapkan bibir Anda sehingga terhindar dari bibir pecah-pecah.
  • Lidah Buaya

    Banyak orang menggunakan lidah buaya atau aloe vera untuk memperoleh rambut yang subur dan hitam. Lendir pada lidah buaya dapat mencegah cairan cepat keluar dari kulit sehingga kelembapan kulit dapat terjaga. Rasa sejuk yang dihasilkan lidah buaya juga bermanfaat untuk mengobati luka bakar.
  • Teh Hijau

    Polusi merupakan salah satu penyebab kerusakkan kulit. Untuk mencegahnya, Anda dapat mengkonsumsi 6 gelas teh hijau sehari. Teh hijau mengandung banyak zat antioksidan. Menggunakan teh hijau dipercaya dapat melindungi kulit dari radikal bebas yang berasal dari makanan atau polusi sehingga dapat mencegah keriput pada kulit.
  • Alpukat

    Buah alpukat memang buah yang kaya manfaat. Kandungan vitamin E yang terdapat dalam buah ini dimanfaatkan untuk pelembut dan pelembab alami untuk wajah. Anda juga dapat memanfaatkan alpukat untuk melembabkan rambut yang kering.
  • Jahe

    Jahe memiliki banyak kegunaan dalam bidang kesehatan. Tetapi, ternyata jahe juga bermanfaat untuk kecantikan. Rasa hangat yang didapat dari jahe dapat melancarkan sirkulasi darah dan mengencangkan kulit sehingga dapat membuat wajah lebih cantik. Anda juga dapat mencegah terjadinya stretchmarks dengan memijat menggunakan parutan jahe. Dalam menggunakan jahe untuk kulit, sebaiknya dites terlebih dahulu agar tidak terjadi iritasi pada kulit.
  • Kopi

    Selain sebagai minuman yang nikmat, kopi dapat digunakan sebagai scrub untuk menghaluskan kulit.
  • Kelapa

    Bagi Anda yang memiliki masalah kulit kering atau rambut kering, menggunakan kelapa dapat menjadi solusi. Kelapa yang diolah menjadi virgin coconut oil (VCO) memiliki kandungan asam laurat tinggi yang berfungsi sebagai antibakteri.
  • Anggur

    Kandungan biji anggur dan kulit anggur kaya akan antioksidan. Sehingga anggur bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet. Anggur mengandung linoleic dan polyphenols yang dapat mencegah terjadinya kerutan dan berfungsi sebagai anti-aging alami.
  • Kacang Kedelai

    Manfaat dari kacang kedelai untuk kesehatan dan kecantikan memang sudah tidak diragukan lagi. Kedelai dapat digunakan untuk mencerahkan kulit. Sedangkan untuk rambut, kedelai dapat mencegah rambut agar tidak kering dan mudah diatur.
  • Lemon

    Lemon sering dimanfaatkan untuk sebagai antibakteri wajah sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat. Anda juga dapat menghilangkan kulit kering pada tumit, siku atau lutut dengan menggosok-gosokkan lemon pada bagian tersebut. Bila kulit Anda sensitif, cobalah untuk menggunakannya di belakang telinga untuk mengetahui apakah kulit Anda alergi atau tidak.
  • Coklat

    Selain menjadi makanan ringan yang sangat digemari, ternyata manfaat lainnya yaitu coklat membuat cantik. Misalnya, masker coklat memiliki banyak manfaat bagi kulit, misalnya berfungsi untuk menjaga kelembutan, melembapkan, mengencangkan dan memperhalus kulit. Coklat juga dapat memperlambat penuaan pada kulit, termasuk mencegah kerutan pada wajah.
  • Pepaya

    Dengan menggunakan buah pepaya yang mengandung enzin papain, Anda dapat mengangkat lapisan kulit mati di permukaan kulit, menghilangkan flek hitam dan meratakan warna kulit. Pepaya yang banyak mengandung vitamin A dan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan.
  • Lavender

    Bunga ini menjadi bahan dasar untuk aromatherapy yang dapat menenangkan pikiran. Bagi kulit, lavender dapat meningkatkan regenerasi sel dan membunuh bakteri penyebab jerawat.
  • Mawar

    Bunga cantik lambang cinta ini dapat digunakan sebagai astrigent yang berfungsi untuk mengecilkan pori-pori dan mengurangi minyak pada wajah. Menggunakan minyak mawar dapat melembapkan wajah dan mengurangi kemerahan pada wajah.
  • Minyak zaitun

    Anda dapat menggunakan minyak zaitun, karena kandungan dari minyak ini dapat melembutkan dan membuat kulit lebih kenyal.
  • Minyak wijen

    Disamping fungsinya untk memasak, minyak ini berfungsi untuk menghaluskan dan melembutkan kulit, rambut atau kuku yang pecah-pecah.
  • Strawberry

    Selain menjadi buah yang enak dimakan maupun sebagai jus yang nikmat, strawberry juga bermanfaat untuk mencegah kulit menjadi kusam. Buah strawberry yang mengandung asam salisilat yang sangat baik untuk kulit anda. Selain itu, zat antioksidannya membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat lingkungan sekitar yang tidak baik. Asam ini juga dapat mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit kita. Salah satu yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan masker strawberry.
Banyak sekali bukan yang alam sediakan agar Anda dapat cantik secara alami? Alam telah memberikan banyak manfaat untuk menambah kecantikan alami. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita mempergunakan secara bertanggung jawab dan melestarikannya.

sumber

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 11:23 PM Kategori:

0 comments: