CERPEN THE LAST HOPE



Karya Rr. Rahmadinah Pratiwi

“kanzaaaa….”teriak pia sambil berlari memasuki kelas. “apa sih lo ?? pagi-pagi udah teriak-teriak aja,pake lari-lari lagi,di kejar setan lo ??” ujar kanza jengkel. “buuhhhkkahhhaan gituhhh !!”jawab pia ngos- ngosan. “stabilin dulu tuh jantung,biar jelas ngomong trus gak ujan !”jengkel kanza sambil mengelap buku yang kena liur pia,meski Cuma sikit.

“gak segitu nya kali kan,,,lo ini ama temen ndiri keg gitu kali wagg” “lo pun satu,pagi-pagi udah ribut aja” “aku mau nyontek PR kan,makanya keg gitu…” “kebiasaan lo…” “hehehehehe….” Kanza dan pia 2 orang yang udah bersahabatan sejak kelas 2 smp. Mereka sangat dekat banget dan juga jauh dari kata kompak. Tapi,kalo kompak nya sama2 buat untung pasti mau,apalagi kanza paling susah di ajak kompak,anak nya cuek,jutek,iseng,nyebelin,rada- rada galak juga,suka ngambekan,tapi baik kok,dan juga perhatian. Lain lagi dengan pia,bisa di bilang pia kebalikan dari sifat kanza. Pia anak nya sopan,ramah,gak sombong,paling suka kalo di ajak kompak,kadang-kadang suka iseng juga tu pun karna di ajak dan di paksa kanza. Mau gak mau pia harus mau ngikutin kanza,Cuma sikit sifat mereka yang sama,sama-sama baik dan perhatian. Itulah nama nya persahabatan,menyatukan perbedaan dan saling melengkapi kekurangan dari sahabat itu. Asalkan kita mendapat sahabat yang baik,bukan nya menjerumuskan kita ke hal hal yang negative, menerima kekurangan kita. “hai kan…”sapa reno,cowok teman sekelas mereka yang punya muka,di atas rata2,cakep gitu. “eh,elo ren hai juga “balas kanza. “si pia nulis apaan ?” “oh..itt ……” “pr mtk ni ren,lo gak tau ya ?,sama gue juga ” potong pia. “mang ada pr ya? Hehehe,aku gak tau,gue salin ya…” “ya udah gak apa-apa” Reno pun menyontek buku kanza bersama pia. Reno udah lama menyukai kanza sejak kelas 1 sma hingga kelas 2 ini,tapi reno belum ada keberanian untuk mengungkapkan nya pada kanza. Dia takut kalo kanza menolak dia,dan juga karna sifat kanza yang jutek gitu. Selama ini kanza pun gak tau kalo reno menyimpan perasaan pada nya,yang kanza tau kalo pia sahabat dia yang menyukai reno. Teeetttt !!!!! Bell masuk berbunyi.,murid-murid masuk ke kelas masing-masing dan memulai pelajaran. *** Hari ini reno berniat untuk mengajak kanza jalan,karna hari ini adalah hari libur dan dia mengungkapkan perasaan nya yang selama ini udah di pendam nya. Dia udah bersiap-siap kalo seandainya kanza nanti menolak nya. “gue mau nembak kanza hari ini,gue siap kalo seandainya di tolak, gue aja mau ajak dia jalan,gue telpon kanza dulu ahh,” Reno pun mengambil hp nya,dan mencari kontak yang bernama “kanza ku”. Hahaha,lebai kali reno,ampe segitu nya suka sama kanza. “halo kan…”sapa reno,setelah tersambung dengan kanza. “ada apa ren ? “ Tanya kanza. “lo,ada acara gak hari ini ? “ “hm…keg nya gak deh. Napa ? ” “gue,mau ajak lo jalan kan “ “oh,ya udah,jam berapa ? “ “sorean aja,ntar gue jemput lo ,” “oke,gue tunggu di rumah ya “ “siiip kan,thx ya,” “sama-sama” Sebelum mematikan hp,reno berkata “ love you kanza,gue sayang sama lo,hihihihi “. “lo bilang apa ren ? “ Reno terkejut mendengar suara kanza,ternyata kanza belum memutuskan telepon nya,reno malu berat saat itu. “ee…eee…gak ada apa-apa kok kan,ta…ta..tadi gue ngomong sama boneka gue “ ucap reno grogi. “boneka ? lo suka boneka ren ? keg cewek aja ,hahahaha…” “ng…ng…hhehh bbee gitu laa kan,gue matikan dulu yaaa,sampai nanti sore kan “ “iya iya” Telpon pun terputus,reno benar benar malu dengan kanza. Sedangkan kanza ngerasa heran dengan sikap reno saat di pembicaraan tadi. Ternyata ada juga cowok yang suka ngoleksi boneka. “oh iya,reno kan ngajak gue jalan tuh. Gue ajak pia juga ah ! ,pia kan suka tuh sama reno.” Ujar kanza,lalu kanza mengetik sms k pia. To : pia “pia,reno ngajak gue jalan ntar sore, lo mau ikut tak ? , kalo mau lo k ruma gue aja ya “ Pesan pun terkirim ke pia. Pia yang membaca pesan dari kanza tentang reno langsung cepat cepat membalas nya. To : kanza “gila kan…. Gue mau banget lah, Jarang-jarang bisa sama dia, Oke deh,ntar gue k ruma lo “ “wahhh…gue seneng banget bisa jalan sama reno,meski bertiga sih. Gak apa-apa deh,yang penting ada reno juga.” Ucap pia,sambil senyum kegirangan. “gue pake baju apa ya ? “ Pia pun sibuk memilih baju mana yang akan dia pakai nanti sore. Setelah dapat pilihan baju yang pas,dia pun menyiapkan yang lain nya,dari sandal,model rambut,pokok nya dari atas sampe bawah udah di atur pia. “wah,bentar lagi udah mau sore,gue mesti mandi dulu nih,semua nya udah oke ! “ *** “permisi…..” ucap reno sambil mengetuk pintu rumah kanza. “ eh elo udah datang ren ? “ Reno terkejut,saat pintu rumah kanza di buka,di kira nya kanza yang akan menyambut kedatangan nya ,ternyata pia. “kok elo pi yang buka pintu ?, apa gue yang salah datangi rumah ya ? “ “hahaha,elo gak salah rumah ren,ni bener ruma kanza kok “ “trus napa elo yang nongol ??? “ “yee,mang gak boleh. Tadi kanza ngajak gue pas elo ngajakin dia jalan “ Sial !!!! kalo ada pia gimana gue mau ungakapin perasaan gue ke kanza. Aduh !! ada aja hambatan nya ni. Gerutu reno dalam hati,dengan muka yang di tekuk. “eh elo udah datang ya ren ??” ucap kanza yang tiba-tiba datang. “kanza ?? iya ni,baru aja kok “jawab reno dengan wajah yang tadi di tekuk berubah menjadi senyum yang merekah. “gue ngajak pia juga gak apa- apa kan ?” “hm,iya gak apa-apa kok kan “ jawab terpaksa. Rusuh aja ni pia,orang pengen berduaan,eh dia malah ngekor pula. Gerutu nya lagi dalam hati. “ya udah yuk,jalan “ Mereka pun memasuki mobil. Kanza menyuruh pia duduk di depan di samping reno. Sedangkan reno berharap kanza yang duduk di samping nya. Tapi,harapan reno pupus,karna pia lah yang di samping nya. Bener bener ni pia,gue kesel banget sama nih cewek,seharus nya kan yang di samping gue tu kanza,bukannya die. Gerutu nya. Mobil pun melaju,dan tak lama mereka sampai di sebuah taman yang cukup bagus. Disana juga rame,ada banyak penjual,keluarga yang sedang piknik,yang lagi pacaran juga ada. “oh ya,kita ke dekat danau aja yuk …”ajak reno yang telah hafal dengan taman ini. “boleh tu,” jawab kanza. Mereka pun berjalan ke dekat danau. Sampai nya disana,reno ingin mengungkapkan perasaan nya,meski ada pia di antara mereka. “hm,kan…..”panggil reno. “npa ren ?” jawab kanza. “gue mau ngomong sesuatu,gue mau bilang…..kalo gueeeee……” “lo kenapa ren ?” “gue suka dan sayang sama lo kan,udah lama gue suka sama lo,baru sekarang gue berani ngomong nya…” Kanza dan pia terkejut mendengar ucapan reno,mereka gak menyangka dengan apa yang di katakan reno. Kanza melihat ke arah pia. Mata pia udah mulai berkaca-kaca menahan tangis. Kanza gak tega melihat sahabatnya menangis dan dia pun mendekati pia dan memeluk pia. “mapin gue ya,gue gak tau kalo bakal keg gini “ “bukan salah lo kok kan,gue terlalu kepedean “ ucap pia sambil menangis. “aduh,,kepala gue sakit lagi !! sakit banget !! “ tiba-tiba kanza meringis kesakitan sambil memegang kepala nya dan jatuh pingsan. Reno dan pia panik,mereka langsung membawa kanza ke rumah sakit. Sampainya di rumah sakit,dokter membawa nya ke ruang ICU. Reno dan pia menunggu di ruang tunggu,pia terus menangis selain hati nya sakit dia juga khawatir dengan sahabat nya. Reno juga sangat panik,dan juga bingung. Kenapa saat dia mengungkapkan perasaan nya pia menangis ? dan juga apa yang terjadi pada kanza hingga dia masuk rumah sakit.Tak lama dokter keluar dari ruangan. “dok,ada apa dengan temen saya dok ?” Tanya reno mendekati dokter,sedangkan pia tetap duduk menangis. “apa kalian belum tau,kalo temen kalian mengidap kanker otak stadium akhir “ ucap dokter. “apa dok ? kanker otak ???? “reno terkejut mendengar nya. “stadium akhir dok ? gak mungkin “ ucap pia langsung mendekati dokter. “kami sudah periksa kondisi dia,kami gak mungkin salah “ “gak mungkin dok ,saya udah lama kenal dia dan dia gak pernah ngeluh tentang sakit nya dok “ ucap pia sambil menangis. Dokter pun pergi,reno dan pia memasuki kamar kanza. Mereka melihat kanza terbaring lemah,dan belum sadarkan diri. Pia terus memandangi sahabatnya sambil terus menangis,dia gak bisa membayangkan jika harus kehilangan kanza. Begitu juga reno,gak sanggup kehilangan orang yang di sayang nya. Tiba-tiba mata kanza terbuka,dia mencba menggerakkan tangan nya dan mencoba bersuara. “ piiiaaa,,,maaf gue ngerahasiain sakit gue. Gue gak malu liat lo sedih piii. Maafin gue. Ren,lo juga gue minta maaf. Gue gak mungkin nerima lo,selain hidup gue yang sebentar,lo juga harus tau kalo pia,suka dan sayang sama lo ! “ ucap kanza terbata-bata. Reno menatap kanza , lalu menatap pia. Pia yang di lihatin reno,langsung menunduk menahan malu. “bener yang di bilang kanza ,pi ? “ Tanya reno. “iya rin,maafin gue …” “lo gak perlu minta maaf pi “ Kanza menarik tangan reno,lalu meraih tangan pia dan menyatukan tangan mereka. “gue mau kalian bersatu. Elo ren,lupain gue , ada pia yang bisa ada buat lo ,gue di sini tinggal sebentar. Sebelum nya thank’s lo udah sayang sama gue selama ini. Sekarang lo lupain gue,dan menyayangi pia “ “gak semudah itu buat gue pindah ke lain hati kan,gue udah lama sayang sama lo,gak semudah itu gue lupain elo.” Reno melepas genggaman tanganan nya. “bener kan yang di bilang reno,sekarang gue udah lega karna reno udah tau isi hati gue,meski dia gak bisa gue miliki kan” Kanza meraih lagi tangan reno,dan menyatukan nya lagi dengan tangan pia. “ren,gue yakin elo bisa lupain gue. Dan menyayangi pia,seperti lo sayang sama gue. Gue titip pia sama lo,jagain dia ren,jangan sakiti dia. Karna gue udah gak bisa jagain dia lagi. Hibur dia setelah gue pergi nanti. Ukir selalu senyum di wajah pia,jangan biarkan airmata menghapus senyuman nya. GUE SAYANG BANGET SAMA KALIAN, terutama elo pi,thank udah mau jadi sahabat gue. Gue pergi dulu …… “ mata kanza tertutup,dan kanza telah pergi buat selama nya. “elo jahat kan sama gue.lo tega ninggalin gue kaaaann !! “pia menangis terisak-isak. Reno mendekati pia,dan memeluk nya menenangi pia. “ relain kanza pi,percuma lo ngomong gitu,kanza gak bakal balik lagi. Bukan elo aja yang kehilangan dia ,gue dan teman- teman sekolah juga sangat kehilangan kanza “ “ KANZAAAA………!!!!!!!! “ teriak pia. TAMAT

***
PROFIL PENULIS Nama : Rr. Rahmadinah Pratiwi
TTL : Batam, 14 Februari 1995
Hobi : baca buku , denger musik
Add fb : dyna_cuit@ymail.com
Follow twitter : @rahma dina

Ditulis Oleh : Goresan Hati Hari: 01.43 Kategori:

0 komentar: